Aset Kekayaan

Alasan Kenapa Harus Memiliki Tanah

Alasan Kenapa Harus Memiliki Tanah – Apabila membandingkan dengan jenis properti lainnya, tanah atau yang biasa kita sebut lahan atau kaveling dapat memberikan banyak peluang dan keuntungan yang fantastis. Akan tetapi, di balik keuntungan tersebut selalu ada unsur lain yang melekat, yakni kekurangan atau yang identik dengan sebutan risiko.

Dalam investasi tanah, risiko merugi mempunyai peluang yang cukup tinggi. Misalnya, seseorang atau perusahaan yang ingin membeli sebidang tanah dengan harga yang rendah. Harapannya tentu saja sebagai aset investasi untuk masa depan yang dapat dijual kembali dengan profit yang tinggi.

Untuk alasan ini sangatlah relevan dan keuntungan yang diharapkan bisa saja didapat, mengingat harga tanah yang cenderung naik dan tidak pernah turun. Bahkan untuk kota-kota besar, seperti Jakarta, Bandung, dan sebagainya akan mengalami kenaikan harga yang signifikan.

Khusus untuk Jakarta, kenaikkan NJOP (Nilai Jual Objek Tanah) bumi/ tanah dengan rata-rata 10 persen per tahun. Pada lokasi-lokasi tertentu malah bisa mencapai 20 – 30 persen.

Akan tetapi, sebaliknya nilai tanah akan mengalami penurunan dari harga pasar ketika tanah tersebut berada pada daerah resapan air, Daerah Aliran Sungai (DAS), Garis Sepadan Jalan (GSJ), tanah yang akan mengalami penggusuran untuk fasilitas umum, atau tanah yang memang tidak boleh didirikan suatu bangunan karena masuk ke dalam rencana pemerintah.

Hal itu terjadi karena tanah dengan kondisi seperti itu akan sangat sulit untuk dibeli oleh konsumen sehingga harga di pasaran akan sangat jatuh.

Contoh lain yang bisa merugikan pihak pemilik adalah ketika tanah tersebut tidak lagi diperhatikan dan dirawat dengan benar, bisa jadi diokupasi dan dikuasai oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Potensi yang bisa muncul adalah keributan tentang sengketa tanah. Jika itu terjadi, tentunya bukan keuntungan yang akan kita miliki, melainkan kerugian dan kemunculan peluang untuk kehilangan aset tanah.

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan tersebut, sebaiknya aset tanah perlu ditelaah dari beberapa aspek dalam rangka menentukan apakah dapat menguntungkan atau justru merugikan. Aspek-aspek tersebut, di antaranya lokasi, fisik tanah, pengaturan waktu, dan juga analisis investasi yang benar. Hal ini penting supaya kita dapat mengambil keuntungan dari tanah yang akan dibeli.

Demikian info tentang Alasan Kenapa Harus Memiliki Tanah semoga bermanfaat.

Sumber: Sukses Membeli Tanah Tanpa Modal, Supriyadi Amir

Join The Discussion