Cermat Membeli

Faktor yang Mempengaruhi Naiknya Aset Tanah

Faktor yang Mempengaruhi Naiknya Aset Tanah – Setelah mengetahui manfaat dan kapan waktu yang tepat untuk membeli tanah agar layak dijadikan sebagai investasi, kini sudah saatnya mengenali apa saja yang memengaruhi nilai properti tanah. Permintaan akan aset tanah dan permintaan sewanya sangat ditentukan oleh faktor-faktor tersebut. Dengan mengetahuinya sejak awal, Anda bisa memprediksi dan memperhitungkan masa depan dan pertumbuhan nilai aset properti tanah yang akan dibeli.

Berikut ini adalah beberapa faktor yang memengaruhi naiknya aset tanah.

1. Dekat dengan Perkantoran

Tanah di daerah ini biasanya memiliki nilai yang tinggi. Apalagi jika dekat dengan perkantoran elite, otomatis tanah di sekitarnya menjadi lahan yang baik untuk dibangun real estate dan nilainya tergolong sangat tinggi. Permintaan akan sewa perkantoran dan rumah hunian juga tinggi karena banyak orang atau perusahaan yang ingin menempati wilayah tersebut.

2. Dekat dengan Pabrik / Industri

Lokasi ini memang dapat dikatakan tidak sebagus daerah sekitar perkantoran. Namun, ada hal lain yang bisa membuat lokasi ini bernilai, yaitu bahwa populasinya biasanya lebih besar daripada lokasi lain. Ini memberi peluang kepada Anda untuk memiliki lahan potensial untuk dibangun, seperti rumah kontrakan atau tempat kos. Properti komersial di daerah ini juga patut dilirik karena bisa melayani kebutuhan para pekerja pabrik, seperti kios pulsa, warung makan, atau minimarket.

3. Dekat dengan Lingkungan Pendidikan

Jangan pernah mengabaikan lokasi ini, apalagi jika jumlah sekolah atau kampusnya tidak hanya satu. Lokasi ini sangat menjanjikan karena tanah di sini mudah menghasilkan cash flow positif setiap saat. Sama seperti dua faktor sebelumnya, di lokasi ini pasti akan dibutuhkan banyak properti komersial yang menyediakan berbagai kebutuhan. Tinggal disesuaikan akan dibangun apa yang sekiranya banyak menghasilkan keuntungan.

4. Dekat dengan Pasar

Untuk beberapa kasus, lokasi ini akan memberikan keuntungan yang cukup. Jangan membayangkan pasar tradisional yang becek, bau, dan lembap. Pasar modern di kota besar saat ini sudah sangat nyaman dan bersih. Para pedagang pasar bisa menjadi target yang menjanjikan sebagai penyewa properti. Carilah properti komersial atau rumah di sekitarnya untuk menghasilkan cash flow positif.

5. Dekat dengan Pusat Perbelanjaan / Mal

Permintaan properti di lokasi ini terbilang tinggi. Orang merasa hidupnya menjadi lebih mudah. Dengan hadirnya pusat perbelanjaan atau mal, daerah di sekelilingnya menjadi jauh lebih hidup daripada sebelumnya.

6. Kepadatan Penduduk yang Tinggi

Semakin padat jumlah penduduk maka akan semakin baik pula perputaran ekonomisnya. Namun, yang dimaksud di sini bukanlah perkampungan kumuh yang padat seperti dilihat di beberapa lokasi di kota besar. Kepadatan ini bisa dilihat dari jumlah perumahan di sekitar tanah yang akan dibeli. Biasanya semakin banyak rumah dalam satu kompleks perumahan, tingkat kepadatannya semakin tinggi.

Ada cara mudah untuk mengetahui tingkat kepadatan di suatu lokasi. Ikuti lokasi kantor atau tempat usaha dari perusahaan besar yang namanya telah terkenal, seperti bank atau jaringan minimarket. Mereka tentu sudah melakukan survei serius sebelumnya. Jika diperhatikan, mereka hanya akan mendirikan cabang di lokasi yang jumlah kepadatan penduduknya memadai. Biasanya tanah yang berdekatan dengan mereka sangat bagus dibangun tempat usaha.

7. Dekat dengan Pintu Tol

Daerah yang berdekatan dengan akses pintu tol menjadi sesuatu yang mahal di kota besar. Problem kemacetan adalah penyebabnya. Orang menilai bahwa semakin mudah akses ke pintu tol, mereka semakin mungkin terhindar dari kemacetan. Biasanya lokasi yang berdekatan dengan akses ke pintu tol banyak dicari orang sebagai tempat untuk usaha.

Demikian info tentangĀ Faktor yang Mempengaruhi Naiknya Aset Tanah semoga bermanfaat.

Sumber: Sukses Membeli Tanah Tanpa Modal, Supriyadi Amir

Join The Discussion