By | Oktober 9, 2017
Perhatikan Fisik Tanah Sebelum Membeli Komunitas SB1M

Perhatikan Fisik Tanah Sebelum Membeli – Keadaan fisik pada sebidang tanah, seperti kontur (topografi) ataupun komposisi tanah (geologi) memiliki peran yang penting, sama halnya dengan lokasi. Hal ini yang nantinya akan menentukan potensi kenaikan nilai ekonomis tanah di masa yang akan datang.

Kontur (topografi) adalah gambaran kondisi kemiringan tanah. Tanah yang baik untuk dijadikan tempat tinggal atau dikembangkan sebagai kawasan hunian ialah dengan topografi yang relatif rata dan landai. Kalaupun ada kemiringan, namun dengan relatif kecil sehingga hal ini memiliki potensi untuk dikembangkan dengan biaya pengurugan atau pematangan tanah (land clearing) yang minim.

Dengan mencermati topografi ini dengan saksama maka dapat diketahui arah aliran air pada tanah. Selain itu, perencanaan tampak bangunan yang aman dan nyaman dapat dengan mudah dibuat. Kalaupun ada biaya pematangan, bisa segera diketahui besarannya sehingga tidak keliru dalam menghitung biaya pengeluaran.

Akan tetapi, kondisi fisik tanah ini akan berbeda jika kawasan tersebut akan dibangun vila dengan panorama yang eksotik, seperti di kawasan-kawasan kaki bukit atau dataran tinggi. Jika dilihat dari segi ekonomis, mungkin akan kurang nilainya bagi pemilik tanah yang hanya digunakan untuk pertanian, tetapi sangat menguntungkan bagi investor properti.

Hal lain yang harus diwaspadai dan sebaiknya dihindari ialah topografi yang bahaya akan terjadi kelongsoran ataupun topografi yang berada di aliran sungai yang berpotensi menimbulkan bencana banjir. Di perumahan kota-kota besar, terutama di Jabotabek, banyak yang sudah dibangun dan sangat berpotensi terjadinya banjir. Hal itu tentunya akan mengakibatkan nilai jual kawasan perumahan tersebut lambat, bahkan menurun.

Selanjutnya, berkenaan dengan pengetahuan geologi adalah agar mengetahui struktur dan kekuatan lapisan tanah, apakah cukup baik dan stabil atau malah sebaliknya. Pada tanah-tanah yang direncanakan akan dibangun bangunan tinggi, seperti gedung perkantoran, apartemen, ataupun hotel, penelitian lapisan dalam tanah atau yang biasa disebut soil investigation menjadi sangat penting.

Keakuratan dari hasil soil investigation ini dapat mengantisipasi dan mencegah kerugian yang akan muncul di masa yang akan datang.

Demikian info tentangĀ Perhatikan Fisik Tanah Sebelum Membeli semoga bermanfaat.

Sumber: Sukses Membeli Tanah Tanpa Modal, Supriyadi Amir

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Komunitas SB1M
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.