Modal

Sumber Pendanaan Lainnya Untuk Membeli Tanah

Sumber Pendanaan Lainnya Untuk Membeli Tanah – Berikut ini adalah beberapa cara lain untuk mendapatkan pendanaan. Sebagian dari cara ini jika dilakukan dengan baik dapat menjadikan tanah yang diinginkan benar-benar dimiliki, meskipun tanpa modal.

1. Pinjaman dari Keluarga

Cara ini tidak gampang dilakukan, namun tidak salah juga untuk dicoba. Cara ini sepenuhnya menyangkut kepercayaan keluarga. Jika Anda memiliki track record yang baik di keluarga, dalam artian bisa dipercaya, maka proses mendapatkan dana tidak akan begitu sulit. Hal yang perlu dilakukan adalah meyakinkan mereka tentang keuntungan yang didapat jika Anda membeli tanah tersebut.

Bahkan, jika memang diperlukan, janjikan keluarga Anda dengan keuntungan yang akan didapat jika mereka bersedia memberikan bantuan dana. Bagaimanapun juga keluarga adalah orang-orang yang paling mungkin untuk mempercayai Anda dibandingkan pihak lain.

2. Pegadaian

Jika Anda belum siap untuk mengajukan kredit ke bank, jangan khawatir, karena masih ada perum pegadaian yang siap membantu Anda. Caranya adalah dengan mengumpulkan barang-barang berharga yang dimiliki, seperti emas, mobil dan barang berharga lainnya, lalu menggadaikannya kepada mereka.

3. Pinjaman dari Lembaga Keuangan Non-bank

Biasanya lembaga keuangan non-bank ini sering menerapkan bunga tinggi, tapi lembaga ini tetap bisa dipertimbangkan sebagai sumber pendanaan. Di Indonesia, sudah mulai ada lembaga semacam ini yang mau membiayai pinjaman dengan jaminan sertifikat rumah, BPKB dan lain sebagainya, walaupun persyaratannya belum sefleksibel bank.

Pinjaman dari lembaga keuangan non-bank lainnya, seperti dari Baitul Maal wa Tamwil (BMT), pegadaian syariah, bank syariah, dan sebagainya juga bisa Anda gunakan. Lembaga-lembaga lain yang juga sering menawarkan pinjaman, di antaranya Badan Usaha Milik Negara (BUMN), pihak desa/kelurahan, koperasi, dan lain-lain.

4. Kredit Bank

Ada banyak produk pembiayaan yang diberikan oleh bank selain KPR, misalnya Kredit Multiguna, kredit usaha, dan sebagainya. Produk-produk pembiayaan ini bisa dimanfaatkan untuk memperoleh pinjaman dana. Mungkin tidak banyak orang yang mengetahuinya, namun ada beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk memulai bisnis rumah kosan dengan menggunakan kartu kredit.

Berikut ini beberapa cara melakukannya.

  • Cari lahan yang nilainya di bawah harga pasar; tentu tidak mudah mencari informasinya, namun Anda bisa mendapatkannya dari jaringan relasi dan teman yang tahu kalau ada seseorang lagi memiliki kebutuhan yang mendesak dan membutuhkan uang cepat dalam jumlah besar.
  • Buat perencanaan yang matang ketika telah mendapatkan kesempatan tersebut, bagaimana menghitung uang yang masuk dan biaya operasional nantinya. Ketika Anda telah menemukan hitungan-hitungan yang rasional, barulah mengajukan pinjaman ke bank.
  • Sewakan tanah tersebut. Barangkali ongkos sewa tanah tersebut cukup untuk menutupi biaya cicilan Anda ke bank. Dengan demikian, Anda dapat menyelesaikan angsuran pada waktu yang telah ditentukan oleh bank plus mendapatkan nilai lebih dari perputaran uang selama proses mencicil ke bank. Selain itu, Anda juga akan memperoleh keuntungan dari nilai investasi tanah dan bangunan yang setiap tahunnya selalu meningkat.

5. Hibah

Hibah untuk modal ini sering diberikan oleh lembaga donor internasional, seperti USAID dan AUSAID. Untuk dapat meraih dana hibah dari lembaga donor, minimal seorang pengusaha harus mampu membuat proposal usaha dalam bentuk business plan (BP).

Dengan BP inilah seorang calon investor maupun lembaga donor akan mampu mengukur seberapa potensial bisnis yang sedang dijalankan oleh si pemohon dana. Seluruh keterangan dan informasi dalam BP harus ditulis secara detail dan mudah dipahami. Lembaga donor biasanya bersedia membantu pembiayaan perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang sosial.

6. Pinjaman dari Kantor/Tempat Kerja

Pernahkah Anda mendengar bahwa ada sejumlah perusahaan yang memberikan fasilitas pinjaman kepada para karyawannya. Bagi yang masih berstatus karyawan, coba cari tahu apakah kantor Anda menyediakan fasilitas tersebut.

Jika memang tersedia, Anda bisa memanfaatkannya untuk membiayai investasi properti Anda. Jika jumlahnya tidak mungkin terlalu besar, pinjaman itu setidaknya bisa membantu menutup biaya transaksi di awal yang harus dipersiapkan sebelum pinjaman dari bank cair.

Setelah membaca beberapa sumber pendanaan di atas, diharapkan Anda bisa melihat berbagai investasi properti yang bisa diwujudkan. Silakan gunakan satu sumber atau kombinasi dari berbagai alternatif di atas. Selamat mencoba!

Demikian info tentangĀ Sumber Pendanaan Lainnya Untuk Membeli Tanah semoga bermanfaat.

Sumber: Sukses Membeli Tanah Tanpa Modal, Supriyadi Amir

Join The Discussion