Aset Kekayaan

Waktu yang Tepat Untuk Membeli Tanah

Waktu yang Tepat Untuk Membeli Tanah – Untuk melakukan pembelian tanah, Anda harus tahu kapan waktu yang tepat untuk melakukannya. Berikut ada beberapa hal yang harus diketahui oleh Anda, yaitu sebagai berikut.

1. Membeli Melalui Pengembang Saat Promosi

Biasanya, pengembang dalam promosinya memberikan potongan harga (discount). Jika ingin mengetahui informasi semacam ini, biasanya pengembang sendiri yang akan mengumumkan melalui iklan di berbagai media seperti surat kabar, iklan di televisi, radio, brosur, spanduk, atau saat diadakan pameran. Hal ini dilakukan pengembang guna menarik calon pembeli untuk melihat ke lokasi proyek.

2. Pemilik Membutuhkan Uang Segera

Pada kondisi tertentu, terkadang pemilik tanah membutuhkan uang yang cukup besar dalam waktu sesegera mungkin atau ada kebutuhan mendesak sehingga pemilik tanah rela menjual tanahnya dengan harga di bawah harga pasar. Pada kondisi inilah, waktu yang terbaik untuk membeli tanah dengan harga yang relatif murah. Informasi seperti ini dapat diperoleh melalui beberapa sumber berita, seperti surat kabar, agen properti, saudara, maupun tetangga.

3. Perekonomian Negara yang Tengah Lesu

Hampir setiap negara dapat mengalami kelesuan secara ekonomi. Hal ini dapat ditandai dengan tingginya angka inflasi, sektor industri macet, dan banyaknya angka pengangguran. Dampak seperti ini sangat dirasakan oleh masyarakat yang sulit mendapatkan uang. Dalam kondisi seperti ini, kemungkinan akan ada sebagian masyarakat yang menjual tanahnya dengan harga murah sebagai konsekuensi yang logis untuk mendapatkan uang.

4. Membeli Melalui Lelang Properti

Pelelangan jaminan atau agunan yang berupa sertifikat tanah atau sertifikat beserta bangunannya akan dilakukan oleh bank, asalkan jaminan sertifikat tersebut dinyatakan sebagai sertifikat yang mengalami gangguan. Dalam hal ini, debitur tidak mampu melaksanakan kewajibannya atau dapat dikatakan macet / pailit sehingga pelelangan mau tidak mau harus dilakukan.

Selanjutnya jaminan tersebut dilimpahkan kepada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) untuk segera dilakukan pelelangan, dengan sebelumnya bank yang bersangkutan mengumumkan akan terjadi pelelangan.

Untuk mendapatkan lokasi yang bagus, hal penting yang sebaiknya diperhatikan dari proses lelang ini adalah harus selalu mengikuti jadwal lelang dari KPKNL. Cara lain yang juga bisa dilakukan adalah mencari informasi daftar agunan yang akan dilelang. Untuk melakukan hal ini tidak perlu malu atau ragu karena bank sendiri akan merasa terbantu jika aset yang dilelang melalui balai lelang dapat segera menemukan peminatnya.

Demikian info tentangĀ Waktu yang Tepat Untuk Membeli Tanah semoga bermanfaat.

Sumber: Sukses Membeli Tanah Tanpa Modal, Supriyadi Amir

Join The Discussion